Rabu, 04 Mei 2011

kalau antum mau nikah bilang ma ana

Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam ,
waktunya kita pulang , 
"ane ikut ma ente ya ? "
"oh ya , boleh sekalian ane anterin pulang , rumah ente searah kan ma ane ."
jawabku cepat , waktu sudah menunjukkan pukul sepuluh malam .
kami baru saja selesai study circle (halaqah) .
study circle kami memang dilaksanakan malam hari selepas shalat isya , sabtu malam .


Kenapa sabtu malam ,
karena hanya waktu itu yang memungkinkan untuk semua bisa hadir di pekanan halaqah kami.
kami jadi sering tertawa sendiri, 
ketika banyak anak muda seusia kami memilih menghabiskan malam minggu berboncengan dengan kekasihnya ,
putar putar keliling jakarta .
kami malah sibuk dengan materi yang diberikan mentor kami .
tapi ada untungnya juga , memilih malam minggu .
kebetulan rumah ku paling jauh dari tempat pertemuan kami ,
naik motor ketika hari sudah mulai larut ,merupakan sesuatu yang beresiko ,
tapi karena malam ini malam minggu , aku tak khawatir , 
coz suasana malam di jalan sungguh ramai sekali .
"kapan kita berkunjung ke rumah ka Agung ?"
tanya temanku ,tiba-tiba .
"Ka Agung ?? wah nggak tahu , harus telepon dia dulu kalau mau datang , takutnya dia nggak ada dirumah "
jawabku ,
entah mengapa ,temanku begitu ingin berkunjung kerumah kk kelasku tersebut ,dia 7 tahun lebih tua dariku.
yah dulu aku seminggu sekali menyempatkan diri untuk kerumahnya , bersama sama temanku .
kami kerumahnya dalam rangka tahsin (memperbaiki bacaan Alqur'an) kepada dia ,
dikarenakan dia seorang hafizh qur'an , jadilah kami menimba ilmu kepada dia.
jika kita ingin menghafal Alqur'an pertama tama harus benar dulu makhroj(tempat keluarnya huruf hijaiyah) serta tajwidnya (hukum bacaan Al'quran) ,istilahnya tahsin .
baru kalau sudah bagus bacaanya , naik kelevel selanjutnya tahfizh (menghafal Al qur'an).
aku baru dilevel tahsin , sebelumnya aku pernah ikut program tahsin yang diadakan ILC salam UI ,namun karena program itu hanya 6 bulan ,
jadi setelah 6 bulan , aku tak punya pembimbing lagi .
nah disinilah aku bertemu ka agung , jadilah dia pembimbing kami .
setiap minggu siang aku menjemputnya dari rumahnya , karena kami mengadakan tahsin di rumah temanku .
di perjalanan ia bercerita tentang pengalamannya menjalani proses nikah , 
Hmm pengantin baru , wajar saja . 
ia bercerita tentang pengalamannya melamar sang akhwat hanya dengan bekal 300 ribu rupiah ,namun ia tetap maju . 
pekerjaannya memang hanya mengajar privat Al'quran .
namun Subhanallah , sang keluarga calon tidak keberatan sama sekali ,bahkan menjelang hari H bantuan datang dari sana sini .
hingga ketika menjalani resepsi pernikahan tidak kekurangan sesuatu apapun .
Allah memang Maha Kaya lagi Maha Pemberi Rizki
pada suatu ketika ,aku sedang berkunjung kerumahnya seorang diri ,
sekadar memberitahukan bahwa hari ini tidak ada tahsin , dikarenakan teman teman lagi ada urusan .
jadilah aku mengobrol dengannya dirumahnya .
seperti biasa dia menceritakan pengalaman menikahnya dengan semangat , 
seakan akan memberitahu , bahwa karunia Allah sangat besar .
namun yang membuat jantung ini berdegup kencang .
adalah perkataannya ,"kalau ente mau nikah , bilang ma ane ,nti ane cariin hafizhah di tempat ane ngajar ,atau nanti ane cariin dari binaan istri ane "
dia memang mengajar di lembaga tahfizh Qur'an di daerah condet jakarta timur .
aku memang meceritakan hal ini kepada temanku,
inilah yang membuat temanku selalu mengajak aku berkunjung kerumahnya.
siapa yang tidak ingin mempunyai seorang istri hafizh Qur'an ??
mendengarkan setiap subuh bacaan qur'an yang indah darinya , sangat romantis sekali .
"wah k,saya masih kuliah tingkat awal , masih lama .lagian ane mau perbaiki bacaan qur'an ane "
jawabku dengan tersipu malu .
wanita yang baik baik hanya untuk laki laki yang baik -baik 
laki laki yang baik baik hanya untuk wanita yang baik - baik
Allah Maha Adil ..
kita akan mendapat pasangan yang sebanding dengan kita ,
dan diri ini masih perlu banyak belajar tuk mendapat  anugerah  yang tak terhingga tersebut .. 

Ya Rabbi, anugerahkanlah hamba salah seorang hambaMu yang shalihah 
yang dapat menjadikan hamba seorang suami yang sholeh,
yang dapat menjadikan hamba ayahanda dari para jundi-jundiMu,
yang dapat membantu hamba menegakkan dienMu,
membahagiakan kedua orang tua hamba, 
meninggalkan dunia ini dalam keadaan khusnul khatimah, 
dan menjadikan hamba ahlus surga .. 
Amin ya Allah ya robbal alamin
__________________________________________________________________
“Keistiqamahanmu akan memudahkanmu untuk menyempurnakan separuh agamamu.
 Insya Allah, dialah dermaga satu-satunya tempat kau berlabuh kelak!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This Time for Africa

Gereja Christuskirche saat senja di Windhoek, Namibia If you get down get up, oh oh When you get down get up, eh eh Tsamina mina z...